Disdukcapil Kukar Perkuat Layanan Door to Door, Mobilisasi Hingga 12 Petugas dalam Satu Kegiatan

0
Sharing

Rahimnews.id – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kutai Kartanegara (Kukar) meningkatkan intensitas layanan jemput bola melalui program door to door dengan menambah jumlah petugas hingga tiga kali lipat untuk mempercepat layanan administrasi kependudukan bagi masyarakat.

“Dari bidang capil, kita tarik teman-teman dari sekretariat dan bidang lain yang ada ruang waktunya untuk ikut membantu door to door,” ungkap Kepala Disdukcapil Kukar, Muhamad Iryanto, saat diwawancarai pada Senin (28/4/2025).

Iryanto menjelaskan bahwa kebutuhan tenaga pelaksana program ini semakin meningkat, dari yang biasanya empat orang kini menjadi dua belas orang dalam satu kali kegiatan. Peningkatan ini sejalan dengan target perluasan jangkauan layanan.

Untuk mengatasi keterbatasan SDM, pihaknya melakukan pelatihan singkat kepada staf dari berbagai bidang, termasuk operator dan sekretariat yang diberi arahan teknis agar dapat menjalankan tugas dengan tanggung jawab.

Iryanto menekankan bahwa program door to door membutuhkan waktu dan tenaga ekstra, dimana proses wawancara dengan warga saja membutuhkan beberapa menit per orang, belum lagi menghadapi hambatan seperti cuaca yang tidak menentu.

“Kalau hujan, kita tunda dulu. Setelah reda baru lanjut. Bahkan kadang tetap jalan pakai jas hujan, karena kita harus tetap jalankan tugas,” terangnya.

Seluruh layanan ini diberikan secara gratis dan telah dikoordinasikan dengan camat, kepala desa, dan petugas desa untuk menghindari kecurigaan warga.

Kata dia, petugas diwajibkan memperkenalkan diri, menunjukkan surat tugas, dan menjelaskan bahwa kegiatan tersebut merupakan program resmi Disdukcapil Kukar.

“Walaupun ada keterbatasan sumber daya manusia, Insyaallah kami tetap optimistis program ini berjalan maksimal,” pungkasnya. (Adv)


Sharing

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *